Polres Gresik Amankan Kunjungan Presiden Jokowi Tinjau Progress Smelter

GRESIK-JATIM, Mitrabratanews.com – Personel Polres Gresik mengamankan kunjungan Presiden Joko Widodo di Gresik saat meninjau progress Smelter PT Freeport Indonesia dan ground breaking di PT Hailiang Nova Material Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Selasa (20/6/2023).

Pengamanan dipimpin langsung oleh Wakapolres Gresik, Kompol Erika Purwana Putra.

Selain di lokasi, Personel Polres Gresik juga ditempatkan dipenggal-penggal jalan yang strategis agar arus lalu lintas lancar.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan tadi pagi setelah meninjau PT Amman di Sumbawa Barat, NTB yang telah selesai kurang lebih 51 persen, sore hari ini datang ke smelter miliknya PT Freeport Indonesia.

“Alhamdulillah di sini juga sudah selesai lebih dari 72 persen seperti sekarang kita lihat dan kita harapkan semuanya nanti selesai sebelum Mei 2024,” kata Presiden RI Joko Widodo.

Smelter PT Freeport ini memiliki kapasitas produksi konsentrat 1,7 juta ton pertahun, yang menghasilkan katoda tembaga kurang lebih 600 ribu ton per tahun. Menurut Jokowi, nantinya semua bahan tersebut akan disatukan dengan sejumlah bahan lainnya sehingga menjadi produk berupa EV Baterai yang merupakan komponen inti kendaraan listrik.

“Inilah yang nanti, yang tadi saya sampaikan yang harus diintegrasikan dengan nikel yang ada di Sulawesi, dengan Bauksit yang ada di Bintan, dan Kalimantan Barat dengan Tin yang ada di Bangka Belitung dengan tadi diserap oleh apa copper foil di sini sehingga terintegrasi menjadi ev baterai, lithium baterai, yang itu akan diintegrasikan lagi menjadi kendaraan listrik,” katanya.

Ini merupakan langkah Presiden untuk menjadikan Indonesia menjadi Negara yang maju.

“Jadi saya sangat menghargai pembangunan pabrik PT. Hailiang Nova Material Indonesia/kawasan JIIPE di Kab. Gresik serta dalam pembangunan pabrik ini juga ada peluang pekerjaan bagi warga Indonesia terutama masyarakat Jatim,” tegasnya.

Acara dilanjutkan penekanan Tombol sebagai simbol Ground Breaking PT. Hailiang Nova Material Indonesia oleh Bapak Presiden RI. Pembacaan Doa oleh KH. Mansoer Shodiq selaku Ketua MUI Kab. Gresik.

Pukul 15.10 WIB, Presiden RI beserta rombongan menuju PT. Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE. Presiden RI beserta rombongan tiba di PT. Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE melaksanakan kegiatan tinjauan terbatas dan Doorstop.

Pukul 16.15 WIB Presiden RI beserta rombongan meningalkan PT. Freeport Indonesia dan Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE.

“Alhamdulilah seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kerja Bapak Presiden RI di wilayah Kabupaten Gresik selesai dilaksanakan, selama giat berlangsung berjalan dengan aman dan kondusif,” pungkas Wakapolres Gresik Kompol Erika Purwana Putra. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!