Luar Biasa! KWM (Komunitas Wirausaha Muslimah) Gresik, Wadah Wanita Muslimah untuk Maju dibidang Usaha.

GRESIK, Mitrabratanews.com – Peresmian dan launching KWM (Komunitas Wirausaha Muslimah) yang bertempat di kantor sekretariat dalam kompleks Multi Plaza Gresik Jalan Gubernur Suryo ini menjadi langkah awal untuk memberdayakan para perempuan muslimah pelaku usaha dan sebagai wadah untuk berkembang dan saling belajar para anggotanya. Rabu(24/03).

 

Ketua Pengurus Harian Komunitas Wirausaha Muslimah, Evva Yerry Mahmudah, SH., MH menuturkan bahwa didalam Komunitas ini sudah ada 80 anggota pelaku usaha yang nantinya akan di seleksi ulang melalui proses verifikasi, hingga didapatkan anggota yang memang benar-benar siap dan mempunyai kemauan besar untuk maju.

“Saat ini sudah ada anggota di angka 80 dan nantinya 80 anggota ini melalui proses seleksi, karena kami ingin benar-benar membawa wanita muslimah berusaha, dimulai yang belum sama sekali atau baru mulai berusaha hingga yang sudah berjalan usahanya untuk saling bersinergi ” terang Evva.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang lll Diana Wahyuningtyas S.Psi., yang akrab dipanggil Bu Din, bahwa KWM ini akan bermuara pada kegiatan – kegiatan sosial kemasyarakatan khususnya didunia usaha wanita.

“sudah saatnya para wanita untuk maju dan berkembang, Apalagi potensi yang dimiliki wanita sangatlah besar, mulai kemampuan memasak sampai marketing. Hal ini yang mendasar KWM untuk mendorong mereka untuk yakin akan kemampuannya dan berani untuk masuk dalam dunia usaha.” tegas Bu Din (Kabid lll) juga Pembina di Komunitas Gresik Bersedekah (K-Greb).

Program dari KWM ini selain mendorong pelaku usaha untuk berkembang juga akan ada edukasi nantinya untuk para pelaku usaha agar semakin bisa mengembangkan unit usahanya.

Ada dua target program komunitas ini yaitu pemberdayaanan perempuan dan pemberdayaan umkm.

Untuk Pemberdayaan perempuan, komunitas ini juga menyoroti tentang kekerasan rumah tangga yang akhir-akhir ini marak terjadi. Sehingga nanti tiap anggota mendapatkan perlindungan yang nantinya akan disinergikan ke dinas Keluarga Berencana dan Perlindungan Perempuan Kabupaten Gresik. Sedangkan untuk Pemberdayaan UMKM, Komunitas ini sudah terisi 80 anggota atau pelaku usaha yang berkecimpung diberbagai kategori usaha, mulai dari fashion sampai kuliner.

Untuk Koordinator Wilayah (Korwil) Korwil Gresik meliputi gresik, manyar, kebomas,panceng, bungah, ndukun,

Sedangkan Korwil Bawean diwakilkan oleh sangkapura. Nantinya disusul Koordinator Daerah (Korda) yang meliputi Banyuwangi, Klaten, Pasuruan, Pamekasan yang masih proses verifikasi.

Syarat yang harus dipenuhi untuk masuk Komunitas ini sangatlah mudah, yang penting Muslim dan mengisi form pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar 50ribu Rupiah saja.

Adapun program kegiatan dalam waktu dekat ini yaitu menjelang bulan Ramadhan tepatnya di tanggal 02 dan 03 April Akan ada kegiatan SEMUR (Sembako Murah Ramadhan) dengan konsep Pasar Sembako yang terbuka untuk umum. Kegiatan ini menyediakan 300 paket sembako yang nantinya dijual 100ribu Rupiah perpaket sembako. Paket sembako itu berisi beras 5 kg, Minyak 900ml, Gula 1 kg, Makanan Kaleng dan Teh.

Untuk tanggal 4 sampai 10 April juga akan mengadakan Bazar yang bertempat di Gressmall lantai dasar yang akan menyajikan UMKM dari anggota Komunitas KWM ini.

Wadah atau Komunitas ini diharapkan memacu wanita – wanita untuk terus mengeksplorasi kemampuannya dibidang usaha sehingga menjadi wanita mandiri. (indha/riska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!