Amazing! Windows 11 Akan Hadir Memanjakan Para Pecinta Android dengan Fitur Barunya Tanpa Emulator

TEKNO, Mitrabratanews.com – Setelah berbulan-bulan dinantikan kehadirannya, Microsoft secara resmi mengkonfirmasi nama untuk rilis Windows berikutnya, yakni Windows 11. Fokus utama perubahan Windows 11 adalah penyederhanaan interface pengguna, app store baru, peningkatan kinerja dan multitasking. Dan yang paling penting adalah bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android. Ini terobosan pertama kalinya yang dilakukan Microsoft.

Hal ini merupakan sebuah kejutan yang cukup menarik untuk diikuti. Sebab, seperti diketahui, semua OS Windows tak dapat berjalan dengan mulus di prosesor berbasis ARM. Bahkan, mereka tidak dapat menjalankan aplikasi berbasis Android dengan mulus saat menggunakan kombinasi tersebut.

Tak ketinggalan, kami juga berharap dengan hadirnya OS Windows 11 ini, Microsoft pada akhirnya menemukan solusi untuk membuat laptop berbasis ARM yang dapat berjalan dengan mulus.

Windows 11 menyertakan menu Start dan icon Start baru, keduanya berada di tengah di taskbar. UI (user interface) ini sangat mirip dengan yang ada di Windows 10X, sebuah proyek yang awalnya direncanakan untuk perangkat layar ganda namun kemudian akhirnya dibatalkan oleh Microsoft. Menurut The Verge, banyak gaya UI dalam Windows 10X muncul di Windows 11.

Menu Start baru juga menyertakan Live Tiles, aplikasi, recent documents, dan interface pencarian terpisah. Sebagian besar tampilan terpusat ini dipengaruhi oleh macOS dan Chrome OS, dan Windows 11 juga menyertakan sudut tampilan “membulat” (rounded corners) seperti yang ada di Android dan iOS.

Windows 11 juga akan menyertakan mode gelap dan terang yang terbaru, mode ini diklaim akan jauh lebih baik daripada Windows generasi sebelumnya.

Ada juga Microsoft Snap Layouts, yang memungkinkan pengguna dengan cepat memunculkan aplikasi ke berbagai mode yang didukung Windows 11. Versi baru Windows 11 ini juga akan memiliki pengingat lokasi aplikasi disimpan, pengingat itu disebut Snap Groups.

Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams langsung ke Windows 11. Teams terintegrasi langsung ke taskbar, memungkinkan pengguna Windows 11 dapat dengan cepat menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.

Widget Windows dan touch gesture juga merupakan bagian besar dari Windows 11. Widget adalah feed yang dipersonalisasi, serta didukung oleh AI (Artificial Intelligence). Widget dapat muncul dari sisi kiri Windows 11, dan pengguna juga dapat mengubah ukurannya menjadi layar penuh. Widget bawaan Windows terdiri dari news, cuaca, dan peta.

Selain itu, Xbox adalah bagian terbesar dari Microsoft dan terdapat peningkatan penggunaan untuk Windows 11. Auto HDR, fitur di Xbox Series X / S, akan menjadi bagian dari Windows 11. Mengaktifkan Auto HDR akan meningkatkan High Dynamic Range (HDR) ke sejumlah besar game DirectX 11 dan DirectX 12 selama pengguna memiliki monitor HDR yang kompatibel.

Microsoft juga menjanjikan peningkatan kecepatan dan kinerja untuk Windows 11. DirectStorage akan menjadi bagian dari Windows 11, fitur baru yang besar dari Xbox Series X / S. DirectStorage akan memerlukan drive NVMe terbaru untuk mempercepat waktu pemuatan game di Windows 11, dan pengembang game perlu mengaktifkan teknologi ini untuk meningkatkan waktu muat lebih maksimal.

Xbox Game Pass juga sedang diintegrasikan ke dalam Windows 11, berkat aplikasi Xbox baru yang telah diuji perusahaan. Pun termasuk xCloud yang terintegrasi ke dalam aplikasi Xbox, sehingga kalian juga dapat melakukan streaming game dari cloud Microsoft.

Terakhir, salah satu bagian terbesar dari Windows 11 adalah penyimpanan dan dukungan baru untuk aplikasi Android di Windows. Microsoft Store didesain ulang dan akan mendukung seluruh host aplikasi yang biasanya tidak tersedia di app store Windows. Termasuk aplikasi dari Adobe Creative Suite, dan aplikasi Android, seperti TikTok serta Instagram.

Jadi, Windows 11 juga akan menjalankan aplikasi Android. Microsoft telah bermitra dengan Amazon dan Intel untuk fitur tersebut. Windows 11 akan menggunakan teknologi Intel Bridge untuk mewujudkannya.

Microsoft mendemonstrasikan TikTok dan aplikasi Android lainnya yang berjalan bersama aplikasi Windows di Windows 11, dan perusahaan berencana untuk membagikan lebih banyak informasi tentang pembaruan tersebut “dalam beberapa bulan mendatang.”

Perusahaan berkomitmen untuk menjadikannya upgrade gratis bagi pengguna Windows 10. Sama seperti dulu, saat Windows 10 gratis untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8. Versi Windows 11 baru ini akan gratis untuk pengguna Windows 10 yang sudah ada.

Pengguna hanya perlu memiliki PC yang memenuhi persyaratan perangkat minimum untuk Windows 11, yakni CPU 64-bit, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB. Windows 11 akan dikirimkan melalui Windows Updates dengan cara yang sama seperti pembaruan Windows 10 yang telah tersedia sebelumnya.

Meskipun Microsoft belum membagikan tanggal keluaran yang tepat, perusahaan mengatakan “Windows 11 akan tersedia melalui peningkatan gratis untuk PC Windows 10 yang memenuhi syarat dan pada PC baru mulai saat liburan ini. (iwan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button