Terobosan Madrasah NU di Gresik Untuk Menghibur Siswa dan Wali Murid, Ciptakan Lagu Tema Covid-19

GRESIK, Mitrabratanews.com – Sistem pendidikan melalui Jaringan (daring) akibat Pandemi Covid 19 sejak Maret 2020 lalu menimbulkan dampak Negatif terhadap psikologis para siswa. Mulai dari menurunnya prestasi siswa, ketergantungan siswa terhadap Gadget, hingga kejenuhan terhadap pelajaran melalui daring.

Sebuah sekolah tingkat dasar di gresik membuat terobosan baru untuk mengatasi kejenuhan pembelajaran melalui daring. Terobosan ini sekaligus mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan agar keadaan bisa segera pulih kembali seperti saat sebelum pandemi dengan menciptakan lagu bertema Covid 19.

Gagasan kreatif ini di lakukan oleh dewan guru di Madrasah Ibtidaiyah NU Tratee Putra Gresik atau biasa disebut MINU Tratee Putra dengan menciptakan Video Lagu berjudul ‘Jaga Indonesia’.

Kepala sekolah Minu Tratee Putra Endah Retnaningsih, S.Pd,.

Video Clip Viral ini menceritakan keadaan sebelum dan semasa pandemi Covid 19 berlangsung, dan sudah mendapat ribuan viewer di chanel youtube Minu Tratee Putra, bahkan sudah masuk pemberitaan disalah satu TV Swasta Nasional dan TV Swasta Lokal Jawa Timur.

Kepala sekolah Minu Tratee Putra ibu Endah Retnaningsih, S.Pd. saat di konfirmasi dikantornya perihal viralnya lagu ‘Jaga Indonesia’ ini memberikan keterangan, awal ide ini muncul karena keprihatinan dewan guru terhadap para siswanya karena berkurangnya aktifitas ekstrakulikuler sekolah tatap muka yang ditiadakan sehingga hiburan yang mengedukasi kreatifitas siswa menjadi berkurang, melalui guru kesenian dan ekstrakulikuler bapak tebry al tabrani diciptakanlah lagu dan video clip yang bisa membangkitkan semangat belajar para siswa.

“sudah hampir 1,5 tahun siswa belajar melalui daring, kami melihat para siswa mulai kurang bersemangat dalam belajar, ketika para guru khususnya guru ekstrakulikuler mengusulkan ide ini kami langsung realisasikan, alhamdulillah antusiasme siswa maupun para wali murid sangat baik, bahkan kami sempat lombakan melalui virtual kepada para siswa, dan wali murid senang karena merasa mendapat hiburan disela-sela pendampingan pembelajaran daring di rumah masing-masing” ujar Endah Retnaningsih saat dikonfirmasi dikantornya, Selasa(22/06/2021).

“Dalam lagu ini kami sampaikan pesan bahwa kita bisa bersama melalui Pandemi Covid 19 Ini, kita mulai dari diri kita dan keluarga untuk menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat keseluruhan pada umumnya bisa bersama menjaga indonesia melalui penerapan Prokes agar Pandemi Covid 19 ini segera berlalu” Tambah kepala sekolah Minu Trate Putra Gresik.(Ivn)

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!