Gugah Semangat Nasionalisme, Polres Jombang Gelar Ngopi Bareng BGD

JOMBANG-JATIM, Mitrabratanews.com – Nasionalisme merupakan suatu sikap yang dimana rakyat mencintai dan banga terhadap negaranya yang dia tempati. Rasa nasionalisme sudah diajarkan mulai SD sampai perguruan tinggi. Hal ini bertujuan agar memupuk rasa cinta tanah air sejak dini. akan tetapi sejak memasuki era globalisasi rasa cinta tanah air tersebut mulai luntur dengan seiringnya perkembangan zaman.

Tidak ingin rasa nasionalisme itu pudar, Kepolisian Resort (Polres) Jombang menggelar acara Ngopi Kebangsaan bareng Barikade Gus Dur (BGD). Kegiatan yang diselenggarakan di Nest Café Jl Adityawarman kelurahan Kaliwungu Jombang ini dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2023 dengan tema ‘Pancasila, Ideologi dan realisasi’. Kamis, (05/10).

Dalam kegiatan yang dikemas santai namun serius tersebut, selain Wakapolres Jombang Kompol Hari Kurniawan, S.H., M.H, nampak hadir pula Kasat Intelkam AKP Budi Santosa, S.H., M.H, dan Sekertaris Bakesbangpol Jombang Samsul dan Ketua BGD Jombang Muiz Zunhakam serta pengurus berikut sejumlah anggotanya.

Acara yang dibuka oleh moderator Sadat Almahiri menyampaikan adanya bahaya terkait ancaman Ideologi Pancasila. Hal ini dinilai dari kurangnya animo masyarakat saat diminta mengibarkan bendera setengah tiang seperti dulu.

Wakapolres Jombang Kompol Hari Kurniawan, S.H., M.H, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara. Menurutnya, keberadaan Barikade Gus Dur ini dirasa sangat membantu dalam hal menumbuhkan nilai Nasionalisme dan Pancasila yang dirasa sudah mulai menurun.

“Dalam Pancasila terkandung makna keberagaman suku dan budaya, namun dengan keberagaman tersebut bukan berarti untuk menimbulkan masalah, melainkan digunakan sebagai dasar kita untuk mempersatukan dalam keutuhan NKRI.” Tutur Kompol Hari.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau untuk mengantisipasi perkembangan teknologi. Adanya potensi lunturnya nilai Pancasila pada generasi muda sekarang tidak terlepas dari perkembangan zaman. Oleh sebab itu, sangat diharapkan peran serta dari setiap orang tua untuk memberikan pemahaman kepada putra/putrinya tentang Pancasila dan Ideologi bangsa.

Senada, perwakilan Pemkab Jombang dari Sekertaris Bakesbangpol Jombang Samsul menyampaikan peran penting para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Sebagai penerus perjuangan hendaknya tetap menjaga nilai-nilai nasionalisme.

Sementara itu, perwakilan BGD PMII Rijal juga mengatakan bahwa bangsa ini masih belum sepenuhnya merdeka. Terlebih oleh keberadaan media sosial yang demikian masif. Dikalangan pemuda saat ini sudah jarang ditemui yang aktif dan antusias dalam membahas pentingnya nilai-nilai Pancasila.

“Pemahaman Pancasila harus terus digelorakan untuk semua kalangan.” Ucapnya.

Di akhir kegiatan guna mempererat tali silaturahmi dilaksanakan ramah tamah dan Poto bersama. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!