Diduga Tanpa Mengantongi Ijin, Tambang Ilegal Marak Di Wilayah Lamongan

LAMONGAN-JATIM, Mitrabratanews.com – Kendati Aparat penegak hukum seluruh jatim akhir-akhir ini gencar melakukan sidak ke tambang-tambang Galian C ilegal, namun pertambangan yang masuk wilayah kabupaten Lamongan Seolah tidak bergeming. Di saat tambang ilegal wilayah kota lain berhenti beroprasi, namun lalu-lalang kendaraan dump truck yang memuat material tambang dari Lamongan bebas beraktifitas melintasi batas kota.

Salah satunya di wilayah lamongan utara, saat tim Investigasi Mitrabratanews.com berusaha menelusuri asal muasal truck bermuatan material tambang, didapati sebuah lokasi Galian C sedang mengeksplorasi meterial Clay Merah di Desa Dagan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan yang diduga tidak mengantongi izin tambang sedang beroprasi.

Saat tim investigasi berada dilokasi tambang Desa Dagan, terdapat beberapa unit truck kapasitas muatan 7 kubik dan mobil Pick Up L300 yang sedang mengantri untuk Loading material Clay Merah dan 1 Unit Eskavator setara PC 200 Sedang beroprasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, diketahui tambang Clay Merah tersebut milik almarhum kaji naim dan sekarang dijalankan anak perempuannya bernama Novi.

Cheker tambang saat dikonfirmasi mengenai ada tidaknya ijin tambang yang dimiliki mengaku tidak tahu, dirinya hanya diberi tugas untuk mencatat Surat Jalan saja, Selasa (17/08/2021).

“Untuk ijin saya kurang tahu, saya hanya menulis surat jalan saja, tambang ini sudah lama buka, punya almarhum pak Haji Naim, sekarang di Kelola Anaknya, Mba Novi” Ujarnya sembari menulis surat jalan di lokasi tambang.

Kanit Tipiter Polres Lamongan Ipda Arif Setiawan saat dikonfirmasi melalui pesan Whatapps terkait aktifitas tambang Clay Merah di kecamatan Solokuro, hingga berita ini diterbitkan masih belum memberikan jawaban.

Adanya aktivitas penambangan ilegal yang tidak mengantongi izin dapat menimbulkan dampak kerusakan Lingkungan sekitar yang tidak terkendali dan melanggar Undang-undang No.4 Tahun 2009 tentang Minerba dengan acaman 10 tahun penjara dan denda 10 Milyar. Bersambung.. (Ivn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!