Kawasan PT Jaka Mitra Tak Kunjung Bebaskan Tanahnya, Warga Kemantren Adukan ke Balai Desa

LAMONGAN-JATIM, Mitrabratanews.com – Puluhan warga desa Kemantren adukan PT Jaka Mitra setelah selama 1 tahun merasa tanpa ada penyelesaian terkait pembebasan tanahnya ke balai desa Kemantren Paciran, Lamongan.

Puluhan warga yang berbondong-bondong tersebut di terima pemerintah desa (pemdes) untuk audiensi tentang kejelasan pembebasan tanahnya yang sudah di plot pihak kawasan PT Jaka Mitra, Kamis siang (31/3/2022).

Disamping audiensi terkait pembebasan tanah dari PT Jaka Mitra, warga kemantren juga memberikan dukungan moril agar pemdes terutama kepala desa lebih berani dan tegas menyuarakan aspirasi masyarakatnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, setahun yang lalu warga Kemantren menolak tegas sosialisasi Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) PT Jaka Mitra.

Warga terpaksa menolak, sebab belum ada kesepakatan yang jelas antara pihak perusahaan dengan warga setempat terkait pembebasan tanahnya yang masuk kawasan PT Jaka Mitra.

Suaji, S.Pd kepala desa Kemantren kepada awak media mengungkapkan, dirinya berharap Pihak PT Jaka Mitra bisa turun langsung untuk pembebasan tanah warga yang masuk Plot Kawasan.

“Sesuai dengan apa yang di sampaikan warga tadi dalam audiensi, kami ingin PT Jaka Mitra dalam pembebasan tanah ini bisa secara langsung turun ke desa sehingga tidak ada lagi oknum-oknum mafia tanah”, ungkapnya.

“Kami juga ingin perusahaan segera berdiri dan bisa bermanfaat untuk warga, Jika pihak PT Jaka Mitra bisa ke desa musyawarah bersama warga, nantinya apa yang di butuhkan oleh pihak Perusahaan dan warga bisa menemukan solusi atau kesepakatan bersama”, imbuhnya.

Point penting yang dihasilkan dari audiensi warga di balai desa kemantren ini, diantara :

  • Kepala desa mendesak perusahaan agar komitmen menyelesaikan pembelian lahan petani.
  • PT Jaka Mitra merealisasikan pembangunan akses jalan keluar masuk ke lahan pertanian.
  • Saat ada aktivitas kegiatan yang berdampak kepada warga, harus ada kompensasi kepada warga.
  • Menghadirkan pimpinan PT Jaka mitra untuk Audiensi dengan masyarakat desa Kemantren. (Ivn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Content is protected !!