Kapolres Gresik Dampingi Kapolda Jatim Resmikan Palang Pintu Kereta Api Perlintasan Sebidang

GRESIK-JATIM, Mitrabratanews.com – Warga di Desa Semampir, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik kini lebih tenang saat melintasi perlintasan sebidang. Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Harmanto, M.H. meresmikan Pembangunan Perlintasan Keret Api Sebidang (JPL 356 Jambu Cerme) Jum’at (11-08-2023) bertempat di Dusun Jambu Desa Semampir, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Harmanto, bersama PJU Polda Jatim didampingi Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom beserta Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani juga Forkopimda Kabupaten Gresik meresmikan palang pintu kereta api.

Kapolda Jatim menyampaikan sebagai Pejabat Publik merasa khawatir terhadap adanya perlintasan sebidang yang belum memiliki palang pintu dan sudah banyak menyebabkan korban meninggal dunia setiap tahunnya.

“Hari ini merasa bahagia karena dengan adanya pembangunan palang perlintasan kereta api di Kabupaten Gresik ini dapat mengurangi kekhawatiran akan terjadinya kecelakaan yang menyebabkan adanya korban jiwa,” Ucap Kapolda Jatim.

Pada tahun 2021 terdapat 144 kejadian, pada tahun 2022 terdapat 175 kejadian dan pada tahun 2023 dari bulan Januari sampai dengan saat ini sudah terdapat 31 kejadian laka kereta di wilayah Jatim.

Kapolda menambahkan, secara pandangan hukum Laka kereta api bukan semata-mata dikarenakan kelalaian pengendara yang melintas akan tetapi juga tanggung jawab pejabat yang seharusnya dapat menjamin keselamatan warga masyarakatnya saat melewati perlintasan kereta api.

“Terimakasih kepada Bupati Gresik, Pejabat dan seluruh masyarakat yang terlibat dalam pembangunan palang pintu pada lintasan sebidang serta berharap tidak ada lagi kejadian laka kereta api,” harap Kapolda.

Sementara itu Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Kapolda Jatim dalam acara peresmian palang pintu perlintasan Kereta Api.

“Bahwa pada tahun 2023 Gresik telah tuntas melaksanakan Pemasangan tujuh palang pintu di perlintasan Kereta api, selain memasang palang pintu, Pemkab juga melakukan pembangunan Pos penjagaan dan menyediakan petugas jaga secara langsung,” ujar Bupati Gresik.

Kegiatan peresmian palang pintu dilaksanakan sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupayen Gresik untuk melindungi masyarakat dari bahaya laka kereta api, rencana kedepan Pemkab Gresik akan merealisasikan kembali dua palang pintu perlintasan kereta sebidang di Kabupaten Gresik. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!