Episode Perdana Podcast Posbakum PN Gresik “Selayang Pandang Posbakum”

Mitrabratanews.com – Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Negeri (PN) Gresik melalui YLBH Fajar Trilaksana di Studio Podcast Suara Gresik menayangkan Episode Perdana Talkshow sosialisasi mengenai program Bantuan Hukum.

“Selayang Pandang Posbakum” menjadi tema pilihan pada talkshow yang digelar mulai pukul 09.00 wib di Studio Podcast Milik Diskominfo Kabupaten Gresik, pada Kamis (17/3/2023) dipandu Host Meyristiana sari.

Andi Fajar Yulianto Direktur YLBH Fajar Trilaksana pelaksana Posbakum PN Gresik menjadi Narasumber yang mengupas tuntas mengenai Visi, Misi, Sejarah, Tugas Pokok dan Fungsi adanya Pos Bantuan Hukum ini.

Dimulai dari Visinya, Fajar Yulianto menjelaskan Posbakum ada untuk masyarakat miskin, keterbatasan, diskriminasi, untuk mencari keadilan khususnya dengan keterbatasan ekonomi.

Bantuan Hukum ini Filosofi historisnya sudah ada sejak jaman Belanda. Motivasi pemerintah pada waktu itu menjamin bagi masyarakat kurang mampu untuk mencari akses keadilan secara konstitusi baik perdata maupun pidana dengan pendampingan secara cuma-cuma.

Di Indonesia Pasca kemerdekaan, negara menjamin sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945 Pasal 1, bahwa Negara Indonesia adalah Negara Hukum. Maka masyarakat miskin termarjinalkan punya hak memperoleh keadilan.

Fajar Yulianto juga mengungkapkan, Bantuan Hukum ini juga berdasarkan Perma No. 1 Tahun 2014 ada atau dibentuk di tingkat Peradilan Pertama yaitu Pengadilan Negeri, PTUN, dan Pengadilan Agama, sedangkan ditingkat Hukum upaya banding tidak termasuk dalam layanan Posbakum.

Posbakum di kabupaten Gresik berada disatu atap dengan Pengadilan Negeri Gresik. Jadi satu atap namun beda ruang. Dalam pelaksanaanya Posbakum secara teknis harus bekerja sama dengan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang telah terakreditasi oleh Kementrian Hukum dan HAM.

Tugas Pokok Posbakum ini berdasarkan Perma yaitu
1. Menerima dan memberikan Layanan Konsultasi
2. Memberikan Rekomendasi dan Advise Hukum
3. Informasi terkait bantuan Hukum secara cuma-cuma baik Pidana maupun perdata

Simak ulasan lengkapnya di video podcast dibawah ini :


LIVE TALKSHOW Bersama Posbakum PN Gresik “Selayang Pandang Posbakum Pengadilan Negeri Gresik”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!